Thursday, November 9, 2017

Wisata Edukasi 2017


Pengalaman Wisata Edukasi 2017
(Serpong- TMII)
By. Raissa Hanareta Nurendriah(31)- 7A
            Pada hari Kamis, 19 Oktober 2017, SMP Labschool mengadakan acara belajar di luar kelas yaitu  wisata edukasi untuk kelas 7. Di acara ini semua anak kelas 7 yaitu angkatan 26 jalan jalan atau lebih tepatnya belajar serta menambah pengalaman di luar sekolah.
            Pada hari itu, kami semua berkumpul di hallma sekolah pada pukul 06.00, kami berangakat mengenakan pakaian batik sekolah, setelah itu sambil menunggu semuanya untuk berkumpul terdapat berbagai kata sambutan dari pihak sekolah dan juga panitia yang bersangkutan, kami juga diberi tahu agenda kegiatan yang akan dilakukan selama perjalanan kali ini.
            Sesudah itu diberi tahukan bis bis yang akan digunakan yaitu per kelas. Kami kelas 7A mendapat bis 1, yang akan didampingi oleh wali kelas kami yaitu ibu Purwanti dan Bapak Agung. Kami berangkat pukul 06.30. Sekarang kami menuju PUSPITEK Serpong. Perjalanan dari SMP Labschool Jakarta ke PUSPITEK Serpong sekitar 2 jam perjalanan, dan Alhamdulillah perjalanan tidak macet walaupun sesekali agak tersendat.
            Walaupun perjalanan jauh tetapi kami tidak bosan karena ada yang bercanda, ada yang menyanyi, mengobrol, tidur dan lain lain. Sesampainya di sana kami berkumpul di Auditorium PUSPITEK Serpong, karena ada acara penyambutan, sesi tanya jawab, dan video mengenai PUSPITEK itu sendiri.
            Setelah itu kami perkelas dibagi untuk mengunjungi beberapa laboratorium yang ada di PUSPITEK itu. Kami, kelas 7A mendapat giliran mengunjungi laboratorium fisika atau yang sering disebut P2F- LIPI. Di sisni kami dibagi menjadi beberapa kelompok lagi, dan kelompokku mendapat kesempatan untuk mengunjungi laboratorium laser. Ketika di laboratorium itu kami dijelaskan apa sebenarnya pengertian dan kegunaan dari laser, biasanya laser dibuat dari apa, dan lain lain.  Kami dijelaskan oleh kakak yang bernama Kak Zaitun. Kami semua selesai dari lab P2F- LIPI pada pukul 11.00. Setelah itu kami kembai ke bis dan melanjutkan dengan makan siang.
            Kami segera melanjutkan perjalanan menuju ke TMII atau Taman Mini Indonesia Indah. Sesampainya di sana kami berkeliling untuk mencari masjid Diponegoro untuk segera menunaikan ibadah sholat Dzuhur dan mengganti pakaian dengang baju angkatan. Sesampainya kami di TMII keadaan sedang hujan walaupun tidak lebat.
            Setelah selesai menunaikan sholat Dzuhur kami menuju ke Skyworld yaitu wahana terbaru di TMII. Kami sampai di Skyworld pukul 01.00. Kami juga langsung berkumpu di auditorium untuk penyambutan dan pemutaran video megenai pembentukan alam semesta terutama galaksi bima sakti. Sebenarnya di sky world kami hanya diberi waktu sampai jam 03.00. Tetapi entah mengapa kami di auditorium sampai pukul 03.30 dan masuk ke wahana.
Kami malihat penjelasan yang tertera mengenai planet yang ada di galaksi bima sakti. Kami juga diperlihatkan mengenai astronot astronot yang bekerja di NASA yang berasal dari Indonesia. Selain itu juga terdapat figur figur dari pesawat luar angkasa dan juga terdapat pesawat luar ankasa yang sangat besar. Di dindingnya juga terdapat ilmuwan ilmuwan dunia yang bersejarah yang juga terdapat beberapa teori yang ikut ke dalam bidang alam semesta ini.
Kami pun berkeliling dan mengisi lembar kerja yang sudah diberikan. Sampai kami pun mengantri untuk menonton film 5D. Kami mengantri sangat lama, yang pertama masuk adalah anak laki laki, dan kami harus menunggu sangat lama. Kami juga diberikan snack yaitu pizza. Ketika akhirnya giliran anak perempuan yang menonton banyak juga anak perempuan yang menyelak barisan. Sebenarnya itu agak membuat kesal karwna kami juga sudah mengantri lama namun ya.. itu sudah terjadi, tetapi kami menikmati menonton film tersebut.
Ketika kami keluar dari studio film tersebut, keadaan di luar sedang hujan lebat, tetapi kami tidak menghiraukan hujan tersebut. Kami langsung segera menuju ke planetarium dan segera memilih tempat duduk. Kami mendapat tempat duduk sedikit di depan karena bagian belakang sudah penuh karena sudah terisi dengan anak anak yang tadi sudah menonton lebih dahulu. Kami diperlihatkan keadaan langit dan luar angkasa pada waktu yang sama pada saat itu.
Sangat menyenangkan untuk melihat bintang bintang yang berkilau. Sangat indah. Kami juga diberi tahukan tentang bintang bintang yang membentuk zodiak seperti aries, leo, dan lain lain.
Ketika selesai kami semua berkumpul sebentar lalu kami menuju bis masing masing, kami sangat dikejar waktu karena kami baru keluar dari planetarium pukul 05.15 dan kami juga belum menunaikan ibadah sholat Ashar.   Karena itu ada anak yang seharusnya di bis 1 tetapi ditinggal. Sesampainya di masjid kami segera berlari mengambil air wudhu dan langsung menunaikan ibadah sholat Ashar. Karena perjalanan pulang dikhawatirkan akan macet jadi kami juga menunaikan ibadah sholat Maghrib di sana juga.
Akhirnya kami pulang sekitar pukul 07.00 dan kami sangat lapar dan lelah. Perjalanan agak macet kami pun ada yang tertidur, memakan camilannya, dan bernyanyi. Kami sampai di sekolah lagi sekitar pukul 08.00.
TERIMA KASIH
Foto Wijaya Kusumah.
Foto Wijaya Kusumah.Foto Wijaya Kusumah.
Foto Wijaya Kusumah.

1 comment: